Seminar UMKM: Memulai dan Membangun Usaha Kecil Beromset Milyaran

Pekalongan, 7 Februari 2024 – Kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) menjadi saksi acara inspiratif bagi para calon entrepreneur dalam Seminar UMKM dengan tema “Memulai dan Membangun Usaha Kecil Beromset Milyaran”. Acara yang diselenggarakan pada hari Rabu ini menghadirkan para pemateri handal dari berbagai latar belakang, dengan tujuan memberikan wawasan dan strategi bagi para peserta untuk merintis dan mengembangkan usaha kecil hingga mencapai omset yang menggiurkan.

Kegiatan ini dibuka dengan penuh semangat oleh keynote speaker, Dr. KH. Tafsir, M.Ag., (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah) yang membawa semangat dan inspirasi bagi para peserta. Acara disambut dengan hangat oleh Ibu Rektor UMPP, Dr. Nur Izzah, M.Kes., yang memberikan apresiasi atas kegiatan yang berpotensi memberikan kontribusi besar bagi pengembangan ekonomi di daerah.

Pemateri-pemateri terkemuka yang dihadirkan dalam acara ini antara lain Khafid Sirotudin, M.Si. (Praktisi), Harun Abdul Khafizh (Praktisi), Sobrotul Imtikhanah, SE., M.Si., CIAPS., CGAA. (Pemateri Majelis Ekonomi Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Pekalongan dan Wakil Rektor II UMPP), dan Dr. Eka Handriani, M.M. (Praktisi, Akademisi, dan Ketua Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Jawa Tengah). Setiap pemateri membawa pengalaman dan pengetahuan yang berharga dalam mengelola usaha kecil menjadi sebuah entitas yang mampu menghasilkan omset milyaran.

Acara ini merupakan hasil kerjasama yang erat antara PWM Jawa Tengah, Lembaga Pengembangan UMKM PWM Jawa Tengah, Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Jawa Tengah, dan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Kerjasama lintas sektor ini menjadi bukti nyata dari komitmen bersama untuk mendukung pengembangan dan pemberdayaan UMKM, yang merupakan tulang punggung ekonomi di berbagai daerah.

Baca Juga : Gathering Relawan Muhammadiyah Kota Pekalongan, Alhamdulillah telah terlaksana

Para peserta seminar tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang strategi bisnis dan manajemen yang efektif, tetapi juga mendapat pandangan yang luas tentang potensi ekonomi lokal dan peran aktif perempuan dalam pengembangan UKM. Dalam suasana yang penuh interaktif dan kolaboratif, para peserta diajak untuk berdiskusi, bertukar pengalaman, dan membangun jaringan yang berpotensi untuk kolaborasi bisnis di masa depan.

Dr. KH. Tafsir, M.Ag., dalam keynotenya, menekankan pentingnya memiliki visi yang kuat, keberanian untuk mengambil risiko, dan ketekunan dalam menghadapi tantangan dalam membangun usaha. Sementara itu, para pemateri lainnya memberikan wawasan praktis tentang manajemen keuangan, pemasaran, inovasi produk, dan strategi operasional yang relevan dengan kondisi pasar saat ini.

Kehadiran perwakilan dari Majelis Ekonomi Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Pekalongan dan Nasyiatul Aisyiyah Jawa Tengah juga memberikan perspektif yang berharga tentang peran organisasi masyarakat dalam memberdayakan ekonomi lokal, khususnya melalui pemberdayaan perempuan dan pemuda. Seminar UMKM ini diharapkan menjadi titik awal bagi para peserta untuk mengambil langkah nyata dalam mewujudkan impian mereka memiliki usaha kecil yang sukses dan beromset milyaran. Dengan pengetahuan, keterampilan, dan jaringan yang mereka peroleh dari acara ini, diharapkan mereka mampu menjadi agen perubahan dalam perekonomian lokal dan berkontribusi pada pembangunan daerah mereka masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button