'UMPP.ac.id – Dr. Nur Izzah, S.Kp., M.Kes resmi menjadi rektor perdana Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) Periode 2019-2023.

Pelantikan pimpinan tertinggi universitas yang baru dilaunching pada 29 Juni 2019 kemaren, berlangsung di Aula Fakultas Kesehatan (Fikes) UMPP, Senin (29/7/2019). Nur Izzah dilantik langsung oleh Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Langkah awal dalam menyambut amanah sebagai Rektor UMPP, Dr. Nur Izzah, S.Kp., M.Kes mengatakan, akan melakukan konsolidasi internal. Menurutnya hal tersebut sangat penting mengingat UMPP adalah universitas yang menyatukan 3 kampus yang berbeda.

“Karena kami dari 3 kampus yang berbeda latar belakang maka perlu penyatuan persepsi demi tujuan bersama,” ungkap beliau yang juga mantan Ketua Stikes Muhammadiyah Pejakngan dalam sambutan perdananya.

Dr. Nur Izzah, S.Kp., M.Kes menyampaikan bahwa UMPP akan selalu bersinergi dengan seluruh elemen Muhammadiyah di Pekalongan. Termasuk dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan Organisasi Otonom (Ortom). Hal ini mengingat UMPP memiliki banyak pembina yakni PDM Kabupaten dan Kota Pekalongan serta PCM Pekajangan.

“Kami yakin UMPP akan cepat maju karena didampingi banyak pihak,” tuturnya.

Dr. Nur Izzah, S.Kp., M.Kes bertekad untuk menjadi barometer perguruan tinggi di wilayah pantura bagian barat. UMPP diharapkan menjadi perguruan tinggi panutan dan sumber ilmu. “Prodi di UMPP 70% telah terakreditasi,” imbuhnya.

Izzah juga mengaku akan terus melakukan langkah-langkah konkret untuk mengembangkan UMPP. Saat ini, lanjut Izzah, ada 9 dosen UMPP yang mendaftar pendidikan Strata 3 (S3).

“Mengharap kepada semua pihak untuk bimbingan dan arahan serta pendampingan untuk terwujudnya Visi UMPP sebagai kampus yang unggul dan Islami 2029 di tingkat nasional,” pintanya.

UMMP telah resmi dan mendapatkan legal formal dari Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemensristekdikti) Republik Indonesia dengan Nomor SK 314/KPT/1/2019. Universitas yang merupakan gabungan dari STIKES Muhammadiyah Pekajangan, STIE Muhammadiyah Pekalongan, dan Politeknik Muhammadiyah Kajen itu dilaunching pada 29 Juni 2019.

Sebagai Universitas baru UMPP memiliki struktur kepemimpinan yang baru. Dr. Nur Izzah, S.Kp., M.Kes ditetapkan sebagai rektor UMPP berdasarkan keputusan PP Muhammadiyah. Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menetapkan tiga wakil rektor.

Ketiga wakil rektor UMPP yaitu Mokhammad Arifin S.Kp. M.Kep sebagai Wakil Rektor I, Sobrotul Imtikhanah, SE, M.Si sebagai Wakil Rektor II , dan Aslam Fatkhudin,S.Kom, M.Kom sebagai Wakil Rektor III.